Selamat! Pemenang Pertandingan Kaligrafi Islam Nusantara, Sabah, Malaysia, ke-4

Seminggu ini, jagat sosmed kaligrafi Indonesia kembali ramai dengan perbincangan seputar lomba kaligraf. Sebagai kaligrafer, tentunya aneh jika kita tidak ikut membincang, bersyukur, mengapresiasi dan ikut bangga atas prestasi kaligrafer tahan air tahun ini. Adalah hasil Pertandingan Kaligrafi Nusantara ke-4 yang dirilis resmi dua hari yang lalu, sudah ditunggu-tunggu oleh kaligrafer Nusantara. Ahaly Hamidi mengucapkan kepada seluruh pemenang pada ketiga kategori; jalu sulus-sulus, sulus-naskh, dan jaly diwani.

Memang, beberapa nama sudah sering terdengar pada lomba-lomba sebelumnya, akan tetapi ada juga nama yang baru mengorbit dan mulai menunjukkan eksistensinya di lomba pada tingkat Nusantara ini. Jika dilihat dari keseluruhan ketegori, kaligrafer tanah air masih mendominasi, alhamdulillah. Setidaknya hal tersebut menjadi indikasi bahwa model klasik yang dilombakan dengan ketentuan ala lomba internasional, bisa diikuti dengan baik oleh beberapa kelompok pegiat kaligrafi Indonesia yang ada di sanggar, sekolah kaligrafi, serta markaz khot yang pada tahun-tahun terakhir semakin menunjukkan peran positif dalam membentuk karakter tulisan serta keilmuan kaligrafer tanah air. Sebuah gerakan yang tentunya perlu diapresiasi dan tidak bisa dianggap sebelah mata.

Semoga kaligrafer tanah air terus perprestasi serta kaligrafi di Indonesia bisa berkembang dan semakin terbuka dengan model, madrasah, uslub, yang sudah menjadi pakem kaligrafi di dunia internasional, meskipun juga terus menggali kekhasan Nusantara, tanpa menjadikannya sebagai penghambat untuk maju dan berkiprah dalam dunia kaligrafi internasional di era industri 4.0. Semoga!

Selamat kepada para pemenang, semoga selalu menginspirasi anak bangsa!

Khot Sulus Jaly dan Sulus ‘Adi

[table id=25 responsive=scroll /]

Khot Jaly Diwani

[table id=26 responsive=scroll /]

Khot Sulus Adi dan Nasakh

[table id=27 responsive=scroll /]

Berikut beberapa foto karya pemenang. Kami ambil dari beberapa sumber