Takrim Faizat NCC ke-3, Unida Gontor

57

Mantingan- Tepat pada hari Jum’at 21 Januari 2022, National Calligraphy Competition (NCC) ke-3 resmi ditutup dengan diumumkannya pemenang pada dua kategori yang dilombakan. NCC dimulai dengan dibukanya pendaftaran pada pertengahan bulan November 2021, dan ditutup  pada 14 Januari 2022 yang lalu. Sebagaimana pelaksanaan NCC pada tahun-tahun sebelumnya, NCC ke-3 yang diselenggaakan tahun ini dilaksanakan dengan cara pengiriman karya.

Total jumlah karya yang diterima oleh panitia sebanyak 52 karya. 37 pada khot riq’ah dan 16 pada khot diwani. Penjurian dilaksanakan pada hari Jum’at 14 Januari 2021, dimulai pada pukul 09:30 hingga pukul 15:00 WIB. Banyaknya karya yang masuk dengan kualitas tulisan yang bagus, memaksa dewan juri untuk berdikusi ketat dalam menentukan pemenang. Hal ini sekaligus menunjukkan meningkatnya kualitas karya dari para peserta NCC dari tahun ke tahun.

Sebagai acara pamungkas dari NCC tahun ini, telah terlaksana pengumuman secara resmi, hasil lomba NCC ke-3 yang dibuka oleh Al-Ustadz Elit Ave HIdayatullah, M. Us., sebagai pembimbing direktorat Islamisasi UNIDA Gontor kampus Mantingan. Setelah seremoni oleh pembimbing, acara dilanjutkan dengan workshop seputar rahasia detail pada khot riq’ah yang dipaparkan dengan sangat jelas oleh Al-Ustadz Abdullah Mukhtar Syafi’i, kaligrafer Indonesia yang berdomisili di Gontor.

Adapun pengumuman para pemenang-pemenang dari peserta National Calligraphy Competition NCC ke-3, menjadi “misku al-khitam” yang mengakhiri acara yang dilaksanakan di Aula Pascasarjana Kampus Mantingan pagi itu.

Berikut nama-nama pemenang NCC kategori ri’qah

  1. Juara 1: I’anatus Shalihah (Lumajang)
  2. Juara 2: Nashiha Assakina (Jombang)
  3. Juara 3: Ria Nur Dianah (Gresik)

Pemenang NCC kategori diwani

  1. Juara 1: Latifah Hasibuan (Aceh)
  2. Juara 2: Nihan Hanina (Jombang)
  3. Juara 3: Wafiq Azizah (Bojonegoro)

Selamat kepada para pemenang, dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh partisipan NCC ke-3 tahun ini, atas partisipasinya dalam mempersembahkan karya-karya terbaiknya dalam kompetisi tahun ini. Semoga even sederhana ini bisa menjadi sumbangsih Markaz Khot, Unida Gontor kampus Mantingan dalam melestarikan dan mengembangkan seni kebudaya Islam khususnya kaligrafi.

Penulis    : Tim Markaz Khot Unida Kampus Mantingan
Editor     : Muhammad Nur, A. Yasir Amrullah