Sejarah Khot: Athlas Al-Khot Wa Al-Khututh, Habibullah Fadhaili

78

Mengetahui sesuatu yang kita tekuni sampai ke akarnya tentu memuaskan. Bahkan jika perlu menelisik jauh sampai tidak lagi menemukan jawaban. Termasuk jawaban dari awal munculnya jenis-jenis khot yang sekarang kita kenal. Kapan sebenarnya jenis-jenis khot seperti yang kita kenal sekarang itu ada? Apa saja faktor yang mempengaruhi seorang kaligrafer menuangkan ide kreatifnya hingga melahirkan ‘bentuk baru’ dari huruf-huruf yang sebelumnya sudah pakem?

Jika Anda termasuk orang yang penasaran dengan hal-hal tersebut, juga ingin mengetahui lebih dalam perkembangan masing-masing jenis khot (style), orang-orang besar yang telah berjasa mengokohkan bentuk khot tersebut hingga bisa kita nikmati saat ini, juga kedudukan jenis khot tertentu di antara banyaknya jenis-jenis lainnya, maka buku ini wajib Anda koleksi.

Buku yang kita resensi kali ini adalah karangan Habibullah Fadhaili ini. Buku yang dialih bahasakan oleh Muhammad Altunji ini diberi judul “Athlasu al-Khat wa al-Khututh”. Memuat setidaknya delapan bab penting, yang masing-masing bab menerangkan satu jenis khot tertentu. Menariknya, beberapa jenis khot kelihatan asing di telinga kita, karena memang tidak lazim ditulis sehari-hari ataupun masuk ke dalam jenis yang dilombakan dalam kancah nasional. Ke delapan jenis khot tersebut adalah kufi, muhaqqaq dan raihani, tsuluts dan jenis-jenisnya, naskhi, diwani, riq’ah, dan nasta’liq.

Setiap khot dibahas latar belakang munculnya serta dasar-dasarnya, perkembangan serta perubahan-perubahan yang terjadi pada bentuknya, tokoh-tokoh penting yang ikut membantu penyebarannya, alasan penyebutannya dengan nama tertentu dan lainnya.
Tidak hanya sebatas teori, buku ini juga kaya dengan contoh-contoh dari karya yang ada pada setiap jenis khot. Meskipun kualitas cetakan kurang bagus, namun masih cukup jelas menggambarkan jenis khot yang dimaksud serta menambah pemahaman serta menegaskan perbedaan jenis khot satu dengan yang lainnya. Yang lebih penting lagi, wawasan Anda akan bertambah dengan menelaah lembar demi lembar buku setebal 550 halaman lebih ini.

Berikut identitas buku:
Judul : Athlas al-Khat wa al-Khututh
Penulis : Habibullah Fadhaili
Penerjemah : Muhammad Altunji
Penerbit : Dar at-Thalas
Kota terbit : Dimasyq
Tahun terbit : 1993
Jumlah halaman : 553
Link download:

Download

 

(muhd nur/ hamidionline.net)