Ahaly Hamidi Borong Juara Lomba Kaligrafi Maghribi Internasional di Kanada

147

Montreal- Delapan kaligrafer, tujuh asal Indonesia dan satu dari Malaysia yang tergabung pada komunitas Ahaly Hamidi, ditetapkan sebagai juara dalam lomba kaligrafi Maghribi tingkat internasional oleh penyelenggara lomba, Centre Culturel Marocain Dar Al Maghribi Montreal Kanada, Sabtu (30/10/2021).

Dalam lomba kaligrafi Maghribi pertama kali yang diselenggarakan oleh Centre Culturel Morocain Dar Al-Maghribi, para pemenang berhasil memperoleh total nilai yang sangat memuaskan, 190 untuk dua orang peraih juara 1, 185 untuk dua orang juara 2 dan 180 untuk dua orang juara 3 serta 175 dan 170 untuk juara 4. Keputusan tersebut diambil setelah Setelah dinilai oleh dewan juri yaitu, Ustadz Belaid Hamidi dan Ustadzah Nouria Riyadi, keduanya berasal Maroko.

Ahmad Jimly Ashari, peraih juara satu dalam lomba ini mengatakan bahwa lomba kaligrafi maghribi yang dilaksanakan pertama kali oleh Dar Al-Maghrib di Montreal Kanada ini dilakukan dengan cara mengirimkan karya asli melalui jasa pengiriman internasional kepada panitia penyelenggara di Kanada, sejak bulan Mei yang lalu. Selanjutnya karya yang telah dikirim dari peserta dinilai langsung oleh dewan juri yang telah ditetapkan penyelenggara.

“Alhamdulillah tadi pagi tepat jam 07.00 WIB, setelah saya melihat pengumuman melalui laman resmi penyelenggara masuk sebagai salah satu pemenang, semoga peraihan prestasi ini bisa menjadi penyemangat bagi saya dan teman-teman komunitas untuk melakukan pembelajaran dan pembinaan seni kaligrafi” Ungkap Jimly.

Hal yang sama juga disampaikan oleh, Nuril Kahfi, sebagai peraih juara 1 dalam lomba kaligrafi maghribi internasional ini, menurutnya kabar sebagai pemenang ini adalah kabar yang sangat mengejutkan dan menggembirakan “mudah-mudahan di masa yang akan datang ada perhatian khusus untuk pembinaan kaligrafi dilingkungan kampus UIN Khas Jember” harap mahasiswa asal UIN KHAS Jember tersebut.

Lain halnya dengan Naufal Ulinnuha, mahasiswa Fakultas Tarbiyah Unida Gontor yang mendapatkan juara harapan ini menyampaikan bahwa lomba Khat Maghribi yang kali ini merupakan partisipasi pertamanya dalam lomba skala internasional. Selanjutnya berharap akan bisa mengikuti lomba serupa pada waktu mendatang.

Sementara itu, pembina komunitas Ahaly Hamidi, Athoillah mengaku senang mendengar kabar prestasi yang telah diraih oleh anggota komuniatas. Athoillah mengharap semoga raihan prestasi ini bisa membangkitkan semangat pembelajaran seni kaligrafi di Negara Indonesia.

Pengumuman pemenang lomba kaligrafi maghribi internasional kanada ini disiarkan secara live melalui page platform media sosial penyelenggara, Centre Culturel Marocain Dar Al Maghribi Montreal Kanada pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 pukul 14:00 waktu Kanada. (Yasir)