Kaligrafer Pameran Sharjah 2016 (1) Ulin Nikmah

ulin nikmah

Ulin Nikmah adalah salah satu kaligrafer yang berpartisipasi dalam Pameran Sharjah 2016. Meskipun sibuk dengan tugas kuliah pada jurusan sosiologi , Ulin Nikmah tetap mendedikasikan waktunya untuk belajar dan mengajar kaligrafi. Pada usianya yang masih relatif muda, Ulin telah selesai dan memperoleh ijazah untuk 3 jenis kaligrafi yaitu Riqah, Diwani dan Jali Diwani.

Di balik penampilan Ulin Nikmah yang tenang dalam bergaul dan bersosial, terdapat kekuatan tulisan yang jelas terlihat dalam karya-karyanya. Berikut catatan singkat perjalanan belajar kaligrafer wanita asal Sidoarjo yang dimulai pada tahun 2012.

  • Tahun 2012, mulai belajar khat Riq’ah dengan ustadz Zainuddin di Sakal-Jombang, sampai selesai dars huruf asasiyyah.
  • Tahun 2013, melanjutkan dars Riq’ah kepada ustadz Feri Budiantoro sampai selesai. Lalu melanjutkan khat Diwani sampai mendapatkan ijazah untuk kedua khat tersebut.
  • Tahun 2015, belajar khat Diwani Jali dengan ustadz Feri Budiantoro sampai selesai di Sakal, Jombang.
  • Tahun 2016, mulai belajar khat Ta’liq kepada ustadz Feri Budiantoro via online, karena melanjutkan kuliah di Surabaya, dan ustadz Feri pindah ke Banjarbaru.
  • Tahun 2016, menjadi peserta Pameran Kaligrafi di Syarjah, Uni Emirat Arab, dengan tema “Creative Artists from Southeast Asia”, bersama 11 kaligrafer perempuan dari Indonesia, Singapura, Thailand.

*Credit: The Bustan Khat

Biodata 

[table id=6 responsive=scroll/]

Ijazah Kaligrafi

[table id=7 responsive=scroll/]