Unida Gontor Adakan Lomba Kaligrafi Khusus Putri

Belum sepi hiruk pikuk lomba di Malaysia, di tanah air kembali digulirkan beberapa lomba kaligrafi. Salah satunya bertaraf nasional dan menyasar kaligrafer putri. Secara bentuk dan prosedur pelaksanaan lomba, beberapa Perguruan Tinggi di Jawa Timur khususnya sudah lebih dulu memulai. Namun kali ini yang berbeda karena lomba ini khusus untuk putri saja!

Adalah markas khot “Tinta Emas”, salah satu unit kegiatan mahasiswi di Unida Gontor kampus Mantingan, kampus khusus mahasiswi yang terpanggil untuk berpartisipasi dalam memberdayakan kaligrafer putri.

Markaz khot yang berdiri tahun 2018 lalu dan dibuka resmi oleh Al-Ustadz Belaid Hamidi tersebut bergerak di bidang seni Islam khususnya seni kaligrafi dan seni ebru.

Karena posisinya yang strategis dalam berperan serta melahirkan para kaligrafer putri handal di tanah air, maka lahirlah ide penyelenggaraan lomba kaligrafi dalam skala nasional berupa “1st National Calligraphy Competition (NCC) For Girl” 2019.

NCC diadakan dalam rangka menciptakan iklim kompetisi yang sehat antar kaligrafer putri Indonesia, serta turut mendukung dan melengkapi lomba serupa yang telah diadakan oleh Uinsa Surabaya (MKQ) serta UIN Maliki Malang (MKD), serta lomba kaligrafi yang telah diadakan di beberapa universitas dan lembaga lainnya.

Dengan sasaran kaligrafer putri, maka lomba ini mempunyai kekhasan yang belum ada pada lomba-lomba khot sebelumnya. Dengan demikian pula, maka lomba ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi kaligrafer putri Indonesia dalam berkreasi, berekspresi dan menuangkan tinta hitam pada kertas muqohar pada dua jenis khot; Riq’ah dan Diwani dengan sistem mengirim karya.

Total hadiah Rp 9.000.000,00 disiapkan oleh panitia sebagai bentuk apresiasi atas karya dan partisipasi para peserta. Kesempatan terbuka bagi Anda, kaligrafer putri Indonesia hingga 1 Desember mendatang. Untuk informasi, ketentuan serta keterangan lebih lengkapnya, silahkan download booklet lomba berikut ini: