Seminar Kaligrafi di UIN Maliki; Antara Kompetisi dan Peluang Bisnis.

seminar kaligrafi

Malang, (Kamis,2/11/17) telah berlangsung seminar kaligrafi di universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Acara seminar ini dilaksanakan di Aula Micro Teaching Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Acara yang berlangsung dari pukul 08.00-14.00 WIB ini dihadiri oleh pemateri dari SAKAL Jombang, Ust. Athoillah, M.Pd.

Materi yang disampaikan berkaitan tentang bagaimana melihat kaligrafi sebagai media kompetisi dan peluang bisnis. Beliau menyampaikan bahwa melalui kaligrafi, dapat membuka berbagai macam bentuk peluang Rizki. Artinya, tidak hanya dari hasil kompetisi dan bisnis karya, tapi lebih dari itu.

Beliau menyampaikan bahwa melihat kebutuhan masyarakat terkait dengan kaligrafi yang semakin tinggi, hal ini menjadikan peluang tersendiri. Kaligrafi itu dapat menjadi menarik, tergantung bagaimana kaligrafi dikemas. Dikalangan akademis misalnya, bagaimana kaligrafi tersebut dikemas menjadi suatu bidangkeilmuan yang dapat membantu memudahkan dalam proses pembelajaran.

Jika dikalangan pebisnis, berbagai karya yang dihasilkan dapat dikemas seindah mungkin sehingga dapat dinikmati oleh khalayak. Di kalangan pegiat kaligrafi, berbagai macam alat pendukung juga dapat dijadikan sebagai media untuk membuka Rizki.

Namun, yang dipahami disini bahwa kaligrafi adalah sebuah ilmu. Ilmu yang dipelajari dari seorang kaligrafer yang benar-benar mengetahui seluk beluknya dengan baik”.

Dalam seminar ini, antusias peserta seminar sangatlah baik. Hal ini terlihat lebih dari ratusan mahasiswa/i fakultas FTIK dari berbagi semester yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Sebagai penutup dalam seminar, beliau berpesan agar untuk bersungguh-sungguh dalam mempelajari seni yang mulia ini. Dengan cara berguru dengan seorang yang telah memiliki keilmuan ini dengan baik, karena kaligrafi tidak hanya sebatas keterampilan namun ia adalah pengetahuan. [AH Malang]

Baca Juga:   Marasim Ijazah Ahaly Hamidy Malang