Seminar dan Pemberian Ijazah Khot di UNIDA Gontor

34


Departemen Kesenian dan Kreatifitas Dewan Mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mengadakan seminar yang bertema “Metode Pembelajaran Kaligrafi Dengan sistem Ijazah”. Acara ini diadaka di Hall CIOS UNIDA Gontor pada hari Senin, 16 November 2015. Hadir dalam acara ini Syaikh Belaid Hamidi Al Khattath (Maroko). Beliau sudah malang melintang di berbagai dunia tentang pembelajaran  Khot Kaligrafi.

Acara ini dibuka  oleh  Wakil Rektor III Dr. Dihyatun Masqon, M.A. Kemudian dilanjutkan acara inti yaitu presentasi Syaikh Belaid Hamidi Al Khattath tentang Khot Kaligrafi. Peserta tidak hanya dari Mahasiswa Darussalam Gontor saja tetapi panitia juga mengundang Mahasiswa/i dan Pondok luar, seperti Mahasiswa IAIRM Walisongo, Pondok Muqoddasah dll. untuk berpartisipasi dalam acara seminar ini.

Tujuan acara ini untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang pembelajaran kaligrafi, menggali potensi Mahasiswa dalam penulisan kaligrafi serta memberikan suatu wadah untuk mahasiswa agar lebih berkreasi dan berinovasi pada bidang kaligrafi. Ini membuktikan bahwasanya UNIDA Gontor sebagai perguruan tinggi berkualitas memiliki kepedulian yang besar terhadap para mahasiswanya tidak hanya dalam aspek akademis, tetapi juga dalam aspek non akademik  seperti seminar Metode Pembelajaran Kaligrafi Dengan Sistem Ijazah.

Di akhir acara, penyerahan ijazah diberikan kepada 2 orang mahasiswa UNIDA Gontor, mereka adalah Jamal Fakultas Ushuluddin Semester III, dan Faishol Fakultas Ekonomi dan Menejemen Semester III. Mereka sebelumya belajar khot kaligrafi kepada Ustadz Muhammad  Nur, Lc., beliau adalah murid dari Syaikh Belaid Hamidi Al Khattath. Ini cukup membanggakan dikarena baru 2 orang mendapat ijazah dari seluruh mahasiswa di Kampus Siman ini. Mereka juga diberi hak oleh Syaikh Belaid Hamidi untuk mengajar khot kaligrafi dengan sistem ijazah kepada yang berminat belajar. Disamping itu, mahasiswa  berkesempatan mendapat ijazah  ketika sudah tamat belajar, karena sistem belajar yaitu dengan sanad pembelajaran. (http://unida.gontor.ac.id)

Baca Juga:   Sayembara Kaligrafi Mushaf dan Pameran Kaligrafi Nasional

LEAVE A REPLY