Pameran dan Festival Kaligrafi Nasional 2015

101

Berkenaan dengan Agenda 2 tahunan SAKAL (Sekolah Kaligrafi Al Quran), SAKAL mengadakan acara Festival dan Pameran Kaligrafi. yang didalam acara tersebut terdapat rangkaian acara sebagai berikut:

1. Festival Kaligrafi Nasional
Tujuan dari festival ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana perkembangan kaligrafi di Indonesia. Selain itu juga untuk mendorong dan mengembangkan kreativitas para pegiat kaligrafi di seluruh Indonesia. Festival ini hanya berkonsentrasi pada kaligrafi yang memiliki kaidah-kaidah penulisan. Dengan kata lain kaligrafi yang keindahannya tidak lepas dari aturan aturan yang
menyelimutinya, yaitu kaligrafi tradisional (classic).Semua karya di tuliskan di atas kertas seperti: muqohhar, yasmine, peacok dll, selain kertas manila dan kertas yang digunakan selain warna putih. Untuk Detail Karya dan persyaratan bisa dilihat di BOOKLET FESTIVAL & LOMBA KALIGRAFI NASIONAL.

2. WorkShop Kaligrafi Nasional
Dalam acara ini kita akan bertemu dengan hakim juri Internasional dalam lomba yang diadakan IRCICA yaitu Ustadz Belaid Hamidi dari Maroko, selain itu juga kita akan bertemu dengan ketua Jamiyyatu Ummu al Qura yaitu DR. Abdullah bin Abduh Futiny dari Saudi Arabia, serta akan bertemu juga dengan maestro iluminasi Jawa timur yaitu Ustadz Bambang Priyadi dari Malang.

3. Lomba Kaligrafi Nasional (mengirim)
Lomba ini menggunakan Khot Riq’ah dengan pena maksimal 2,5 mm, yang kemudian di kirim ke Sekretariatan SAKAL. bila ingin mengikuti lomba ini harap mendaftar secepatnya
Adapun Persyaratannya bisa di lihat di BOOKLET FESTIVAL & LOMBA KALIGRAFI NASIONAL.

4. Lomba Kaligrafi se Jatim
Lomba ini menggunakan Khot Naskhi
Persyaratan dan ketentuan khot dapat dilihat dalam BOOKLET LOMBA se-JATIM, SMP/Mts, SD/MI.

5. Lomba Lukis Kaligrafi Tingkat SMP/Mts se-Jombang
Petunjuk pelaksanaan dan persyaratan dapat dilihat dalam BOOKLET LOMBA se-JATIM, SMP/Mts, SD/MI.

Baca Juga:   Pelatihan Taqhir Kertas Ahaly Hamidi Malang

6. Lomba Mewarnai Tingkat SD/MI se-Jombang
Petunjuk pelaksanaan dan persyaratan dapat dilihat dalam BOOKLET LOMBA se-JATIM, SMP/Mts, SD/MI.

Atas perhatiannya disampaikan terimakasih

SHARE
Memperoleh ijazah di khot diwani, jaly diwani dan nasta'liq (2012), naskhi dan maghribi (2015) dari al-ustadz Belaid Hamidi. Saat ini menetap dan mengajar di PM Darussalam Gontor.

LEAVE A REPLY