Nuria Garcia Masip; Sosok Langka Kaligrafer Wanita

622

Nuria Garcia Masip lahir tahun 1978 di Ibiza, Spanyol. Hidupnya berpindah-pindah antara Spanyol dan Amerika. setelah menyelesaikan gelar B.A. pada Washington University, tahun 1999 Ustadzah Nuria Garcia pergi ke Maroko untuk mendalami Seni Islam yang dia gemari, dan pada rentang waktu tersebut, beliau belajar khot maghribi kepada Ustadz Belaid Hamidi. Pada tahun berikutnya (2000) beliau kembali ke Washington D.C dan mulai belajar khot riq’a, sulus, dan naskh dari Kaligrafer Amerika, Muhammad Zakaria.

Pada tahun 2004, Ustadzah Nuria Garcia pindah ke Istanbul dan melanjutkan belajar sulus serta naskh langsung dari guru gurunya (guru dari Muhammad Zakaria), yaitu Syaikh Hasan Çelebi dan juga dari Ustadz Dawud Bektasy. Tahun 2007, atas dukungan dan sponsor IRCICA (Research Center for Islamic History, Art and Culture), Nuria Garcia memperoleh ijazah pada dua khot tersebut (tsulus dan naskh) dengan tanda tangan dari tiga gurunya (Hasan Çelebi, Dawud Bektasy dan Muhammad Zakaria).

Saat ini, Ustadzah Nuria Garcia Masip tinggal di Munic, Jerman. Namun demikian, secara rutin dia mengadakan kunjungan ke Turki untuk terus belajar dan mengambil ilmu dari para Master Kaligrafi Turki. Kesibukan beliau tidak lepas dari membuat karya dan mengadakan pameran2 Kaligrafi di Spanyol, Turki, Dubai, Kuwait dan lain-lain. Selain itu, Ustadzah Nuria Garcia juga aktif mengadakan workshop dan pelatihan seputar kaligrafi seperti di Zaragona (Spanyol), Capetown (Afrika Selatan), dan juga di Washington D.C.
Selain pemateri warkshop kaligrafi dan pameran baik tunggal maupun bersama di berbagai negara, berikut ini daftar lomba (musabaqah) kaligrafi Internasional yang pernah beliau menangkan ikuti:

2016 Juara pertama, Pameran Noor, Sharjah International Calligraphy Biennial, UAE.
2013 Juara kedua pada kategori jaly sulus, IRCICA International Calligraphy Competition. Istanbul, Turkey.
2012 Juara pertama, kategori kaligafi klasik, Lomba Kaligrafi Internasional, Aljazair.
2012 Juara tiga, Kategori sulus, Lomba Kaligrafi Albaraka Türk, Istanbul, Turkey.
2010 Juara empat, Ketegori sülüs, IRCICA International Calligraphy Competition. Istanbul, Turkey.
2010 Juara harapan, kategori sulus, Al Burda Competition, Abu Dhabi, U.A.E.
2008 Juara ke-3 kategori Sulus, pada Musabaqah al-Barakah, diadakan di Istambul Turki.
2008 Juara harapan, kategori Sulus-Naskh, pada Musabaqah al-Burda, diadakan di Abu Dhabi, Emirat.
2007 Juara harapan, kategori Sulus, pada 7th International Calligraphy Competition IRCICA, Turki.
2003 Juara harapan kategori Riq’a, pada 6th International Calligraphy Competition IRCICA, Turki.

source: www.nuriaart.com