Kaligrafer – Muhammad Syafiq

69

Muhammad Syafiq lahir di Istanbul pada tahun 1235 H/ 1820 M. Pada awalnya beliau belajar tsuluts dan naskhi dari Ali Washfi Afandi, kemudian belajar kepada pamannya Kadiaskar Musthafa Izzat. Muhammad Syafiq dikenal sebagai khattath yang pandai dalam menulis dengan tarkib bertumpuk. Beliau menguasai diwani dan jaly diwani dengan baik.
Mempunyai gelar “Mu’allim husni al-khatt”.

Muhammad Syafiq mengajar murid-muridnya yang juga berhasil menjadi khattath yang mutqin. Di antaranya adalah al-khattath Ahmad Arif al-Falbawi, Hasan Ridha Afandi, dan Umar Faiq. Muhammad Syafiq meninggal di Istanbul pada tahun 1297 H/ 1880 M, dimakamkan di pemakaman Yahya Afandi daerah Besiktas.

Beberapa karya yang ditinggalkannya bisa ditemukan di Masjid Bursa, Turki, disamping juga mushaf kamil 30 juz dengan khat naskhi. Setiap juz dijilid dengan sangat bagus. Mushaf ini ditulis pada tahun 1286 H, kemudian diwakafkan ke Masjid Nabawi. Di samping itu juga banyak karya berbentuk lauhah, muraqqa’at maupun qitha’ yang darinya bisa kita simpulkan bahwa beliau mempunya huruf-huruf yang sangat kuat pada tulisannya.
Semoga kita semua bisa meneladani dan menjadi penerusnya. Amin. [muhd nur/ hamidionline] dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY