MKR-UIN Surabaya; Menggali Potensi Baru

64

Musabaqah Khattir Riq’ah (MKR) adalah lomba khat pertama yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa IQMA (Ikatan Qori’ Qori’ah Mahasiswa) UIN Sunan Ampel Surabaya. Lomba ini diadakan dalam rangka Dies Maulidiyah IQMA yang ke-27.Tujuan dari diadakannya lomba ini salah satunya adalah untuk menyebar luaskan bagaimana teknik pembelajaran khot yang sebenarnya. MKR telah dilaksanakan pada hari minggu 8 mei 2016 di gedung SAC UIN Sunan Ampel Surabaya dan diikuti oleh 60 peserta dari berbagai daerah di Jawa.

MKR dimulai pukul 09.30-13.30 (sekitar 4 jam Durasi Perlombaan. Dalam lomba tersebut di hadiri oleh 3 Juri ( Ustadz Atho’ilolah dari Jombang, Ustadz Bambang dari Malang Ustadz Feri budiantoro dari Kediri dan tinggal di Jombang) dan 1 juri online ( Ustadz Muhammad Nur dari Gontor).
Secara umum, dilihat dari karya yang dihasilkan oleh para peserta, menunjukkan bahwa khot -dalam hal ini riq’ah- mengalami kemajuan pesat. Terbukti dengan uslub (gaya) yang dipakai oleh para peserta dalam menulis riq’ah yang sebagian besar sudah mengikuti kaidah riq’ah muhammad izzat. Wajar jika juri di akhir penentuan lomba mengungkapkan kesulitan dalam menentukan pemenang, karena karya yang masuk mayoritas kuat dalam kaidah dan susunan hurufnya.

Setelah melewati beberapa tahapan penjurian, dewan juri akhirnya memutuskan lima karya yang keluar sebagai pemenang pada MKR kali ini. Juara pertama diraih oleh saudari Rini maulidah dari UIN Maulana Malik Ibrahim, disusul oleh saudara Mahbub Kholili dari IAIN Tulungagung dan saudari Ulin Ni’mah dari SAKAL Jombang di posisi kedua dan ketiga. Sementara juara keempat diraih oleh saudara Fajar al hadi mughni dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan berada di posisi kelima saudara Mahfud dari SAKAL Jombang. [diyah, hamidionline.net]

Baca Juga:   Temu Alumni IQMA UINSA Surabaya dalam Marosim Ijazah Kaligrafi

LEAVE A REPLY