Kegiatan Ahaly Hamidi

Kegiatan Ahaly Hamidi mencakup beberapa hal. Di antara yang rutin adalah adalah tashih (koreksi) pelajaran kaligrafi dari buku yang telah ditentukan hingga menyelesaikan tahapan dan memasuki jenjang ijazah. Koreksi pelajaran dalam lingkup Ahaly Hamidiini dilakukan oleh mereka yang telah menyelesaikan belajar dan telah mendapatkan ijazah pada jenis khot tersebut. Koreksi pelajaran sifatnya sangat fleksibel, baik dengan cara langsung bertemu dengan guru maupun melalui media email. Jika seseorang telah menyelesaikan buku dan masuk tahapan ijazah, maka akan dibimbing sampai selesai proses penulisan dan pengesahan, kemudian bisa pindah ke jenis khot selanjutnya.

Di samping itu, Kegiatan Ahaly Hamidi yang lain adalah berperan aktif dalam kegiatan ekternal yang mendukung proses belajar yang sedang ditempuh. Seperti partisipasi dalam lomba kaligrafi regional, nasional maupun internasional. Juga mengadakan lomba kaligrafi dalam beberapa jenis khot tertentu dengan tujuan penguatan kemampuan dalam berkarya, termasuk mengadakan pameran kaligrafi sebagai bentuk apresiasi atas capaian para anggota.

Ahaly Hamidi menerima siapa saja yang ingin bergabung. Sistem pembelajaran yang dipakai dalam komunitas Ahaly Hamidi sejatinya merupakan pengembangan dari sistem tradisional (taqlidi) dengan sistem ijazah dalam pembelajaran khot yang ada di Istanbul Turki, yang dikembangkan oleh guru kami, Al-Ustadz Belaid Hamidi (Maroko) pada saat beliau mengajar kaligrafi di Mu’assasah Halaqah Litturats wa Attanmiyah Al-Mahalliyah di Kairo, Mesir. Sistem ini kemudian tersebar melalaui murid-murid beliau yang ada lebih di 40 negara termasuk Indonesia dan negara asia lainnya.