Jenis Karya Kaligrafi 2 (Muraqqa’ah)

234

Jenis karya kaligrafi muraqqa’ah adalah satu jenis lain dari karya kaligrafi yang dikenal pada era Usmani. Singkatnya muraqqa’ah adalah kumpulan dari qith’ah yang disusun menjadi satu. Dengan demikian muraqqa’ah pun bermacam-macam, tergantung pada jenis kaligrafi yang dipakai dalam qith’ah yang menyusunnya. Seperti misalnya muraqqa’ah suluts-naskhi, muraqqa’ah muhaqqaq-rayhani dan lain-lainnya.

Muraqqa’ah mempunyai keunikan dengan bersambungnya naskah yang tertulis dari satu qith’ah ke qith’ah selanjutnya. Selain naskah dan makna yang sambung menyambung, muraqqa’ah juga tersusun dari bentuk qith’ah yang identik dari segi jumlah barisnya, lebar dan panjang, serta jarak antar baris pada setiap qith’ah, yang menambah keunikan dan keindahan muraqqa’ah. Karena keunikan ini, maka muraqqa’ah membentuk susunan qith’ah berseri yang naskah dan maknanya saling bersambung dengan jenis kaligrafi yang konsisten dalam bentuk huruf dan ukuran setiap barisnya.

Jenis Karya Kaligrafi 2 (muraqqa'ah)
Contoh Cover Muraqqa’ah

Karena tuntutan ini pula, muraqqa’ah lebih banyak ditulis oleh satu orang kaligrafer yang dikenal dengan istilah muraqqa’ah muraqqamah. Namun demikian, ada juga muraqqa’ah yang merupakan kumpulan dari qith’ah yang ditulis oleh beberapa orang kaligrafer. Jenis ini oleh para kaligrafer dinamakan dengan istilah muraqqa’ah majmu’ah. [muhd nur/ hamidionline]

*Disarikan dari buku al-Madrasah al-‘Utsmaniyyah lifannil Khattahil ‘Arabi, Dr. Idham Muhammad Hanas, Maktabah Imam Bukhari, Kairo, 2012, h. 178

Di bawah ini merupakan contoh muraqqa’ah oleh beberapa kaligrafer. Di antaranya adalah Hafidz Osman yang menulis kasidah “Banat Su’ad”, dan juga Syaikh Aziz Rifa’i, dan juga seorang kaligrafer Muhammad Washfi yang menulis kasidah “at-Thantharani”

Muraqqa’ah Hafidz Osman

Muraqqa’ah Syaikh Aziz Rifa’i