HMP Ilmu Hadits UINSA Adakan MKDJ Tingkat Nasional

344

Araaita.com – Jum’at (22/02) Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ilmu Hadits Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mengadakan Musabaqoh Khat Diwani Jally (MKDJ) Tingkat Nasional di gedung rektorat lama. MKDJ merupakan lomba kaligrafi dengan gaya tulisan yang diciptakan oleh masyarakat Turki Usmani.

Lomba khat atau kaligrafi tersebut merupakan agenda pertama terbesar dari program kerja HMP Ilmu Hadits. “Ini adalah agenda pertama yang paling besar di kepengurusan kita,” tutur Rois selaku panitia saat ditemui kru Araaita. Ia juga menambahkan, bahwasanya ini merupakan lomba yang pertama kali diadakan di Indonesia dengan konsepan peserta harus mengirimkan karyanya pada waktu yang sudah ditentukan oleh panitia. Seluruh peserta tidak perlu datang ke lokasi lomba. Cukup dengan mengirimkan karyanya pada panitia.

“Hari ini adalah waktu penilian dari para dewan juri,” imbuhnya. Menurut Athoillah selaku juri dalam lomba tersebut, lomba ini memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. “Pembuatan Khat Diwani Jally ini minimal membutuhkan waktu selama 2 bulan,” jelas salah satu juri yang mengenakan batik tersebut. Pria asal jombang itu juga menuturkan bahwasanya Musabaqoh Khat Diwani Jally Tingkat Nasional seperti ini belum pernah ada di Indonesia. “Ini merupakan lomba kaligrafi menggunakan Khat Diwani Jally pertama kali di Indonesia” tambahnya.

Dengan jumlah peserta 11 orang tapi lomba ini bukanlah lomba sembarangan. “Semua peserta yang sudah berani ikut lomba ini, berarti mereka adalah orang yang sudah berkualitas,” tutupnya. Rencananya, pengumuman pemenang akan diadakan tanggal 25/2 ini. (Alv)

sumber: http://www.araaita.com/2019/02/hmp-ilmu-hadits-adakan-mkdj-tingkat.html