ummi nisa

Tidak berlebihan jika Ummi Nisa dijuluki “kecil kecil cabe rawit”. Bagaimana tidak, pada usia 15, Ummi Nisa sudah mendapatkan ijazah pertamanya pada khot Riq’ah. Berikutnya pada usia 17 tahun, Ummi Nisa memperoleh ijazahnya ke dua dalam khot diwani. Tidak salah jika Ummi Nisa dinobatkan sebagai kaligrafer wanita termuda berijazah di dunia saat ini. Prestasinya Ummi Nisa yang lain adalah partisipasinya dalam pameran kaligrafi internasional. Begitu juga dengan aktifitas kaligrafinya di Sakal Jombang.

Meskipun Ummi Nisa berpostur kecil dan pemalu, tetapi cita-citanya besar, salah satunya menjadi guru Bahasa Arab. Dalam belajar khot, Ummi Nisa terhitung cemerlang dan lancar dalam menyelesaikan pelajaran-pelajarannya. Saat ini kaligrafer kehahiran Tangerang tersebut sedang menyelesaikan pelajaran pada khot jaly diwani kepada ust Feri Budiantoro. Berikut perjalanan singkat belajar Ummi Nisa yang mengantarkannya menjadi salah satu peserta pameran kaligrafi di Sharjah tahun 2016 yang lalu.

  • Tahun 2013, mulai belajar khat Riq’ah kepada ustadz Shobirin.
  • Tahun 2015, memulai dan menyelesaikan Diwani dengan ustadz Feri Budiantoro. Lalu mendapatkan ijazah Riq’ah dan Diwani di Acara Marasim Ijazah yang diselenggarakan pertama kalinya di Sakal, Jombang oleh Syekh Belaid Hamidi.
  • Tahun 2015, belajar maghribi dan menyelesaikannya dengan ustadz Feri Budiantoro.
  • Tahun 2016, mulai belajar khat Diwani Jali dengan ustadz Feri Budiantoro via online.
  • Tahun 2016, menjadi peserta Pameran Kaligrafi di Syarjah, Uni Emirat Arab, dengan tema “Creative Artists from Southeast Asia”, bersama 11 kaligrafer perempuan dari Indonesia, Singapura, Thailand.

*Credit: The Bustan Khat

Biografi

NamaUmmi Nisa
TTL Tangerang, 14 Juni 1999
Alamat tinggalJl. KH. Suhaimi Kp. Merapit, RT: 02, RW: 02, Ds. Waliwis, Kec. Mekar Baru, Kab. Tangerang, Banten.
Baca Juga:   Kaligrafer Pameran Sharjah 2016 (4) Novitasari Dewi

Ijazah Khot

NoTahunJenis KhotSanad
12015 Riq'ahAhmad Shobirin - Feri Budiantoro - Muhammad Zainuddin - Belaid Hamidi – Yusuf Dzannun
22015 DiwaniFeri Budiantoro - Belaid Hamidi – Ali Alparsalan – Musthofa Halim – Farid Bik