Kaligrafer Pameran Sharjah 2016 (4) Novitasari Dewi

208
novitasari dewi

Kaligrafer kita ini mempersiapkan pameran di Sharjah ini dengan penuh tantangan. Tidak hanya karena kondisi fisik karena kehamilan, tetapi juga cuaca dan kondisi musim hujan yang kurang bersahabat. Tetapi semua itu bisa ditakhlukkan berkat dedikasinya yang tinggi pada kaligrafi. Curah hujan tinggi bahkan sempat memaksanya untuk mengulang penulisan karya karena rusak. Namun sekali lagi, hal itu bukanlah tantangan berarti baginya.

Kaligrafer kita ini juga seorang seniman ebru. Beliau bersama suaminya memproduksi kertas ebru sendiri dengan desain yang sangat indah.  Hingga saat ini, banyak kaligrafer Indonesia yang telah memakai ebru karyanya untuk menyempurnakan lauhah berbagai jenis kaligrafi. Produk ebru pilihannya disertai tutorial online dalam penggunaanya ada disini.

Masirah Khattiyah:

  • Tahun 2010, belajar khat I’tiyadiyah kepada ustadz Muhammad Nur.
  • Tahun 2010, mulai belajar khat Ri’qah kepada ustadz Alim Gema Alamsyah, kemudian kepada ustadz Ircham, juga beberapa kali belajar kepada ustadz Zainuddin dan ustadz Muhammad Nur di AFANIN, Kairo. Setelah kepulangan guru-guru tersebut, kembali meneruskan dars kepada ustadz Khairur Rafiqi di Riq’ah kurrasah Izzat.
  • Tahun 2011, belajar khat Diwani kepada ustadz Khairur Rafiqi sampai selesai, lalu mulai belajar khat Diwani Jali dengan beliau.
  • Tahun 2012, belajar khat Maghribi kepada ustadzah Nur Hamidiyah di AFANIN Kairo sampai selesai.
  • Tahun 2013, mulai belajar khat di Markaz al-Halaqah al-Khairiyah bersama Syekh Belaid Hamidi dan mendapat Ijazah khat Maghribi dan Riq’ah. Di tahun yang sama menyelesaikan study di al-Azhar lalu pulang ke Indonesia.
  • Tahun 2015, Juara 3 khat Maghribi pada Lomba Kaligrafi Internasional Ircica Turki tahun 2015.
  • Tahun 2016, menjadi peserta Pameran Kaligrafi di Syarjah, Uni Emirat Arab, dengan tema “Creative Artists from Southeast Asia”, bersama 11 kaligrafer perempuan dari Indonesia, Singapura, Thailand.
Baca Juga:   Al-Ustadz Yusuf Dzannun; Ensiklopedi Kaligrafi

*Credit: The Bustan Khat

Biografi

NamaNovitasari Dewi
TTLTangerang, 19 Maret 1990
Alamat tinggalJl. KH. Hasyim Ashari No. 98, Gg. Baru, RT: 03, RW: 02, Poris, Plawad, Cipondoh, Tangerang, Banten.
Nama SuamiAlim Gema Alamsyah

Ijazah Khot

NoTahunJenis KhotSanad
12013Riq'ahNur Hamidiyah - Belaid Hamidi
22013MaghribiBelaid Hamidi - Yusuf Dzannun