Ahaly Hamidi

Ahaly Hamidi adalah komunitas kaligrafer yang tergabung karena kesamaan metode, visi dan misi dalam pembelajaran dan pengajaran di bidang kaligrafi. Hingga saat ini Ahaly Hamidi konsiten dengan tujuannya. Di antaranya adalah sebagai wadah bagi para kaligrafer yang belajar dengan Metode Hamidi. Sebuah metode belajar kaligrafi yang dikembangkan dari metode klasik (taqlidi) oleh al-Ustadz Belaid Hamidi, seorang kaligrafer besar dari Maroko.

Ahaly Hamidi tersebar dalam bentuk sekolah kaligrafi seperti SAKAL, serta kelompok (sanggar) kaligrafi yang secara kontinyu melakukan berbagai aktifitas seni, khususnya kaligrafi di berbagai komunitas seperti perguruan tinggi, pondok pesantren, maupun lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Kegiatan utama Ahaly hamidi adalah proses belajar dengan bimbingan seorang kaligrafer yang sudah mendapatkan ijazah (mujaaz). Tidak ada syarat khusus bagi mereka yang ingin bergabung dan memulai belajar khot dengan ini, hanya saja dalam belajar khot, faktor kesabaran dan akhlak menjadi syarat utama.

Jumlah anggota Ahaly Hamidi yang telah memperoleh ijazah khot tidak kurang dari 150 orang. Di antara mereka telah mendapatkan ijazah di jenis khot riq’ah, diwany, jaly diwani, nasta’liq, maghribi dan juga naskhi. Jumlah tersebut akan terus meningkat mengingat proses belajar yang terus berjalan dan jumlah peminat belajar dengan metode ini terus bertambah. Sehingga dalam waktu yang akan datang diharapkan akan muncul komunitas kalirafer yang benar-benar lahir dari pemahaman yang benar dan komprehensif tentang kaligrafi, baik sebagai sebuah seni, disiplin ilmu, maupun sebagai sebuah watak dan karakter yang positif dan berwibawa.

Ahali Hamidi membuka diri bagi siapa saja yang ingin bergabung dan belajar kaligrafi dengan Manhaj Hamidi. Karena itu jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan kontak kami di [email protected]